LATEST UPDATES

Saturday, May 6, 2017

KRONOLOGIS PENANGKAPAN DAN PEMERIKSAAN SAKSI OLEH POLRES MANOKWARI DAN POLDA PAPUA BARAT MANOKWARI.



KNPB Mnukwar, Minngu 7 Mei 2017.Kejadian penangkapan padatanggal, 5  mei 2017. Sekretaris KNPB mnukwar Melkias Beanal, bersama 5 orang teman, Alex Gombo, Esibet Kobak, Darius Dapla, Alpius Togodli,  Nando Mirin, (Majelis gereja GIDI).  ditangkap oleh Kepolisian dari polres Manokwari, pada jam 3.30 wp sore di depan kampus UNIPA berhadapan dengan took mbamar dan handayani, polres manokwari menggunakan 6 buah mobil.
Dalam penangkapan ada salah  satu orang majelis Gereja GIDI juga ikut ditangkap.  Setelah penangkapan sampaidi  dipolres manokwari kami 6 orang di diperiksa dari kepolisian dari  polres manokwari.  Pada jam 21.00wp kapolda papua barat dating kepolres manokwari dan menegur ke enam orang, bahwa kamu jangan bikin kasau di papua barat disini kota aman dan damia  kataka Polda Papua Barat.
Selanjutnya  kapolda perintahkan kepada anakbuahnya untuk pemeriksaan ulang terhadap  6 orang, polisi dari polres mengatakan sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 6 orang,. Tetapi Polda minta untuk pemeriksaan ulang. Kata 6 enam orang kami tunggu sekitar tiga  jam karena sepertinya polda dan polres sedang pertemuan.
Pada jam 10.00wp kedua kali polisi dari polda papua barat mengambil keterangan. periksake 6 orang  dari jam 10 – 12.30wp. Sebelum pemeriksaan kata sekretaris KNPB Mnukwar Melkias beanal mengatakan kepada polisi dari polda yang mau pemeriksaan terhadap dirinya bahwa saya tidak mau diperiksa, melkias dirinya mau pendampingan hokum tetapi Polisi dari polda mengatakan   kami hanya mau periksa saksi saja, kecuali setelah pemeriksaan ini terbukti tersangka maka akan didampinggi hokum untuk dilanjutkan ke kepengadilan. Dalam pemeriksaan ini polisis tanya ke melkias bahwa apakah flesdisk 1 buah, kartapel 1 buah dengan 3 buah batu krikil,  apakah milik melkias?
Jawab melkias benar itu saya punya barang, flesdisk 1 buah saya punya, kata melkias saya baru dapat dari panitia kegiatan pelantikan, mereka pinjam pada beberapa minggu lalu dan tadi pagi tanggal 5 mei 2017 panitia bersangkutan kembalikan kesaya sehingga saya isi dalam saku celana saya. Selanjutnya kata melkias kartapel itu benar juga milik adik saya , sebenarnya kartapel itu pada malam hari tanggal  4 mei 2017 dirinya melkias beanal dengan adik serta kawan – kawan berburuh kucing untuk makan malam. Setelah selesai berburuh kartapel lupa kembalikan ke pemilik kartapel dan saya masi  isi dengan batu 3 buah didalam noken kecil saya.  
Ketika tangkap melkias beanal sampai polres dan buka tas saya dan mengeluarkan noken kecil saya dan dalam noken itu ada kartapel 1 buah, batu tiga buah, farfum  1 buah, minyak kayu putih 2 buah itu ada dalam noken lalu polisi mengeluarkan dan tanya miliktas dan noken punya siapa melkias mengaku miliknya.
Setelah mengambil keterangan di ruang intelkam polres manokwari, istirahat sekitar 2 jam dan melanjutkan pemeriksaan sekitar pagi hari tanggal, 6 mei 2017. Kata  melkias dirinya diperiksa oleh polisi dari polda periksa dirinya 3 kali. 1 kali perik orang polisi yang berbeda dan 2 kalinya 1 orang polisi yang sama.
Akhir dari pemeriksaan polisi menyediakan surat keputusan untuk 3 orang yaitu, Melkias Beanal, Alex Gombo dan Darius tabla,  sedangkan 3 orang yaitu  Esibet Kobak, Nando Mirin (Majelis Gereja Gidi) Dan Alpius Togodli,  tidak dapat tandatanggan surat.
Akhir dari pemeriksaan polisi menyediakan tiga lemabar surat untuk ditandatanggani, dalam surat tersebut ada kalimat yang tercantum di dalamnya bahwa “ setelah pemeriksaan tersangka terbukti menemukan rencana melakukan makar dan penghasutan. Dalam surat itu kolom yang bersedia untuk di tandatanggani oleh yang diperiksa, dan polisi yang memeriksa bersangkutan dan dua kolom yang disiapkan untuk ditandatanggani oleh saksi. Melkias beanal mengaku, surat milik Alex Gombo, saya tanda tanggan menjadi saksi, karena polisi minta tanda tanggan
Setelah pemeriksaan Di Polres Dari Polda Papua Barat, Polisi polda Papua Barat telah sitah barang milik melkias beanal Dan Kawan yaitu, Hp putih merk oppo Neo 7, 1 Buah (Milik melkias beanal),  Noken Kecil 1 Buah (Milik melkias beanal), Kartapel 1 Buah dengan batu 3 Buah (Milik melkias beanal)  , Flesdisk 1buah (Milik melkias beanal)  ,Selebaran himbauan sebanyak sekitar 200lembar,  Uang  244.000.’ (Dua ratus empat puluh empat ribuh), Kotak/ Karton Aqua 1 Buah, Tulisan kotak revolusi Yang Digunakan oleh panitia pelaksana kegiatan pelantikan KNPB Mnukwar Yang Isinya uang 244.000.’ (Milik panitia kegiatan pelantikan).
Penangkapan pada Jam 15.00wp Di Amban manokwari. Pada Jam Selesai pemeriksaan Dari Polres Dan Polda papua barat pada  Jam 15.00wp, Pada Jam 15.00wp -16.00wp Pulangkan Kami 6 Orang. Pada saat penangkapan, Nando mirin tangkap paksa dan di naikan ke atas mobil, Nando tidak terlibat dalam kegiatan bagi himbauan, namun baru dari rumah persiapan ulang tahun anaknya tetapi polisi tangkap nando mirin sedangkan anak dengan istrinya juga ikut di tangkap tetapi terpisah antara enam orang, tidak tahu dari tempat kejadian sampai polres seperti apa? 




Share This :

Post a Comment

 

Top