LATEST UPDATES

Friday, December 1, 2017

KRONOLOGIS IBADAHSYUKURAN 56 TAHUN 1 DEMSEMBER 1961-1 DESEMBER 2017





KNPB MNUKWAR NEWS, 1 Desember 2017. Dalamrangkaibadahsyukuranharideklarasinya Negara republic west papuaolehparagenerasimudapapuatepatpadatanggal 1 Desembertahun 1961 genapusia yang ke- 56 tahun. Makauntukmemperingatihariulangtahundeklarasinya Negara Republik Papua Barat, seluruhRakyat west papuabersamaKomiteNasional Papua Barat KNPB dariSorongsampaiMeraukemarayakanhariDeklarasiEmbrioNegara Republikpapuabarat.Sehingga KNPB wilayahMnukwarmelakukanIbadahsyukuranbersamarakyatpapua di AmbanMnukwar.

KronologisIbadah,saatibadahberlangsung,dimanaKNPB wilayahMnukwarmelakukanibadahsyukuranmemperingatihariulangtahundeklarasinya Negara Republik Papua Barat 1 Desember1961 genapusia yang ke- 56.
IbadahDenganTemaNasional: 56 tahun Indonesia tidakmenjaminhakhidup orang papua, segerahgelar referendum sebagaisolusidemokratis.
DalamibadahtersebutsimpatisandanrakyatbangsapapuabaratkhususwilayahmnukwarIkutantusiasuntukmeliburkandirinya. Dan dimanaibadahsyukuransebelummulai di kontrakanTimikajalanmanunggalkecil, tepatpukul 08:45 WPB, anggotaKNPB sedangmenyiapkanibadah , pihakkepolisiankapolsekambansertaduaanggotaPolisiintervensimasukdalamkesiapankegiatanibadah, dannegosiasidenganKordinatorkegiatanibadah, polisi Tanya terkaitibadah, kordinatorkegiatanYohanesAliknoe,menyampaikanbahwa, kami dariKNPB melakukanibadahsyukuranbersamarakyatpapuadansetelahibadahkitaakanmeninggalkantempatkegiatan, tidakadakegiatan lain selainibadah, Kata PolisisetelahibadahselanjutnyatidakDiperbolehkanadakegiatantambahanlainyadan kata Polisikitahanyajalankanpatrolisaja di kelilingambanManokwari, kemudiankepolisianjugamemintamenjagakeamanan di wilayahambanbersama-sama.
DalamrangkahariulangtahunDeklarasi1961 ibadahsyukuran di pimpinolehbapakEv.Erick kobakmulaipadapukul 09:00-11:20 wpb hinggaselesai. Dan dalamibadahsyukuranberlangsungbawafirman yang di ambildarikitabYosua 21: 40-45, yang berthemadalamkhobah“ Keamanan Di Negeri Yang Di JanjikanTuhan” jejakmusamembawaumat Israel daritanahmesirkekanandalamperbudakanoleh raja firaun. IbadahIbadahdi kontrakanTimikaMnukwar.
AdapunOrasiPolitik Yang Di SampaikanSetelahIbadahSyukuranPerwakilanMahasiswaolehSdr Charles Asem.Kami sebagaiMahasiswaharussadardanbersatudalamperjuangan,melawansistim yang di buatoleh Negara Indonesia dalambidangPendidikan,Ekonomi Pembangunan Dan Kesehatan,dalamhalinikitaharusbersatumelawansistimkolonial.
selanjutnyaOrasidariKetua 1 KNPB Wilayah Mnukwar (MelkiasBeanal) Menjelaskansejarahterbentuknyadeklarasi 1 desember 196, kata melkias kami masihberjuangkarenasejarah, merekaberjuanguntuk kami generasihariini, marikitabergandegantanganmengakhiripenderitaanrakyatpapuabaratdarisorong – merauke. Hakpenentuannasibsebagaisolusidemokratissehingga.Hariinirakyat west papuamenuntuthakhidup orang papuamelaluipenentuannasibsendiri (Referendum).Kata melkiasbeanalsejarahtidakbisadikalahkan, dihapuskan, denganapapu, sejarahtetapadasampaiturun – temurun, bangsapapuaadalahbangsa yang besar, memilikisejarah, budayahdanideologi. Kami masimenuntukhak kami orang papuaharidanakananakcucujugaakanmenuntutjikabangsa west papuatidakmerdeka. Hanyakarenakepentingankapitalisdanimperaliskolonialindonesiamengkumandangkanmelaluitrikoradanmenhancurkanideologibangsa west papuadanmembunuh orang papuadariSorong – Merauke,  bahkansampaihariininegaramelaluiKolonial NKRI bembunuh orang papuadenganberbagaicarasecarasistematis. MelkiasBeanalmengajakmarigenerasihariinikitabergandengantanganmelawansistimkolonialdaritanah west papuauntukmemperjuangkanPenentuannasibBangsapapuabarat.
Akhirorasipolitikdariketua 1 knpbmnukwardilanjutkanorasidariJubir KNPB Wilayah MnukwarMemberikanmotifasikepadarakyatpapuauntuktetapsemangatdalamperjuanganpapuamerdeka. Kata jubir kami generasiharipenentubangsapapuakedepan, jikahariiniPemudadanmahasiswatidakmemilikikonsistendalamperjuanganpembebasanmaka, bangsabesariniakanpunahdiatastanahnyasendiri, Kata (YoramMagai) dalamorasipolitiknya.
AkhirorasipolitikdariJubiKNPB Wilayah MnukwardilanjutkandariKetuaMilitan Wilayah MnukwarKita harustetapsemangatdalamperjuangandanrapatkanbarisan ( satukomando ),rakyatpapuamaupunanggota KNPB janganterpancingdengankeadaan di luar yang di buatolehpihakkolonial di media ,maupunlingkungankita
SebelumpelaksanaanibadahmaupunsedangibadahsyukuranhariDeklarasiEmbrio Negara Republikpapuabarat.PihakKepolisianBaikItu, Polda Papua Barat, KapolresManokwari, KapolsekAmban Serta Bin, Bais Intel Banpolmenjagaketat di wilayahambandenganmenggunakanalat-alat Negara dankendaraanBanser, BisPolisi, danTrukkPolisiLengkap, dansemuajumlah 20 mobil. Dan sepertimobil yang di gunakanoleh bin, bais, intelbanpolmenggunkanmobilhiluxsubrasekitar 4 buahmobil, motor 4 buah, tentarasatumobil 3 orang, inteltentara 2 orang 1 motor polisi 2 orang mobilpatrolisatubuahdanmobilabanzazatriaabu-abu 1 buahuntukmengawasikegiatanibadahsyukuran yang berlangsunghariini di gelaroleh Rakyat papuadimediasiKNPB Mnukwar. Saatkegiatanberlangsungjuga, salahsatu orang aslipapuamengatakanbahwakamumaumerdekapulangketimikasanabarubicarapapuamerdeka(BahasaTeror). Ungkapan kata-kata semacaminipihakketiga yang mengacaukansituasikegiatanberlangsungdansudah di pakeoleh colonial Indonesia untukmenjualinformasi-informasihterkaitpapuamerdeka.
Setelahakhirdarikegiatan, Fotobersamadankonferensipersterkaitkegiatanibadahdanrakyat west papuamembubarkandirimasing – masing.
Polisimulaisiagadaripagi jam 07.30wpb sampaiibadahselesai,  pada jam 14.00wpb, kapolsekambandatangucapanterimakasihdalamhalkeamananbesamadalamkegiatan.Ibadah yang sama di adakan di Kantor Dewanadat Papua, media KNPB MNUKWAR menerimalaoporansetelahkegiatan di Ambanbahwakepolisianjugamensiagakankegiatanibdahsyuranmemperingatiharideklarasinegaraepublikpapuabarat yang 56 di depankantordewanadatpapuamanokwari.
Foto – fotokegiatandapatdilihatberikut :Posted By. KNPB Wilayah Mnukwar



























 
Share This :

Post a Comment

 

Top